Tips Jitu Agar Anak Suka Makan Sayur

Tips Jitu Agar Anak Suka Makan Sayur

Manfaat sayuran sebagai nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia sudah jadi rahasia umum. Sayangnya membuat anak-anak suka makan sayur kerap jadi tantangan bagi orang tua. Padahal khasiat sayur untuk tumbuh kembang anak sangat penting.

Dikutip dari laman healthline.com, berikut tips yang dapat dilakukan orang tua supaya anak suka makan sayur.

Sajikan sayuran setiap anak makan, walaupun hanya dalam porsi yang sedikit, setidaknya dua atau tiga suapan. Jika dia tidak menyukai jenis sayuran tersebut, untuk makan selanjutnya tawarkan sayuran lain. Kreasikan menu sayurannya dengan makanan yang disukai anak. Misalnya anak suka ayam, buatlah sup ayam dengan beberapa sayuran, seperti brokoli, jamur atau wortel.

Poin lainnya tampilan sayuran. Jika anak suka kentang goreng atau mie, maka olah sayuran dengan tampilan yang mirip dengan makanan kesukaan, terpenting lidahnya dapat menerima rasa sayuran tersebut. Misalnya buat mie dari bayam, masak tauco, pizza sayur, roti panggang, dan pasta atau dijadikan salad.

Supaya anak semakin tertarik untuk mencoba sayur, kreasikan bentuk potongan sayuran dan gunakan piring saji yang unik dan berwarna cerah. Jika anak menolak sayuran saat diiris atau dicincang, cobalah memotongnya menjadi bintang, hati, atau bentuk lainnya. Anda bisa membuat bentuk-bentuk tersebut dengan menggunakan pisau atau membeli alat pemotong buah dan sayur agar lebih mudah.

Melibatkan anak-anak dalam mempersiapkan makanan, seperti berbelanja atau memasak,juga bisa jadi cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat kenyamanan anak dengan sayuran. Tanya pendapatnya, mau makan apa dan cara masak yang bagaimana.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "Tips Jitu Agar Anak Suka Makan Sayur"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *