Tips Berkendara Mobil Saat Hujan Lebat di Jalan Tol

Tips Berkendara Mobil Saat Hujan Lebat di Jalan Tol

Jakarta — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi hujan lebat. Maka perlu tips mengendarai mobil di jalan tol dalam kondisi hujan lebat.

Berikut tips berkendara yang aman di jalan tol ketika hujan lebat:

1. Turunkan kecepatanTips berkendara dalam kondisi hujan pertama adalah memperlambat laju mobil akan membantu menghindari hydroplaning. Kondisi itu terjadi ketika ban mobil kehilangan kontak dengan permukaan jalan.

Mengendarai mobil pelan-pelan di jalan tol akan mempermudah pengendara dalam pengereman jika terjadi insiden mendadak.

3. Nyalakan lampu depanHujan lebat dapat mengurangi jarak pandang di jalan tol, terutama ketika melihat mobil yang mendekat dan memperkirakan jarak.

Menyalakan lampu depan (headlamp) mobil dapat membantu mobil lain untuk melihat kendaraan secara lebih jelas.

4. Jangan menyalakan lampu hazard atau lampu isyarat peringatanTips berkendara lainnya adalah jangan menyalakan lampu hazard mobil dalam kondisi hujan lebat di jalan tol. Bahkan, dinilai ilegal di beberapa wilayah.

Lampu hazard digunakan ketika memberi tanda mobil berhenti. Menggunakannya dalam kondisi mobil berjalan, terlebih di tengah hujan lebat di jalan tol, bisa membingungkan pengemudi mobil lain yang mendekat.

5. Nyalakan defrosterDefroster adalah sistem di mobil untuk membersihkan kondensasi atau mencairkan embun beku dan menghindari kabut di kaca depan. Embun di kaca depan mobil dapat mengganggu visibilitas berkendara.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "Tips Berkendara Mobil Saat Hujan Lebat di Jalan Tol"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *