Saat Musim Dingin, Suhu Udara di 5 Kota Ini Bisa Lebih Rendah dari Titik Beku

Saat Musim Dingin, Suhu Udara di 5 Kota Ini Bisa Lebih Rendah dari Titik Beku

Sebagai negara tropis, Indonesia merasakan musim dingin lewat musim hujan yang biasanya tiba pada Oktober-April setiap tahun. Sementara itu, di negara subtropis, musim dingin bisa ditandai dengan munculnya salju, bahkan dengan suhu udara yang bisa di bawah titik beku.

Di dunia, setidaknya terdapat lima kota yang suhu dinginnya mungkin tak pernah terbayangkan. Berikut adalah kota-kota terdingin di dunia menurut Times Of India:

Oymyakon, Rusia

Terletak hanya beberapa ratus kilometer dari lingkaran Arktik, Oymyakon di Rusia diakui sebagai tempat terdingin di bumi. Dengan populasi 500 penduduk, desa Rusia ini merasakan suhu rata-rata pada Januari hingga minus 50 derajat Celcius. Suhu terdingin yang pernah tercatat di sini adalah pada 1933 ketika suhu turun hingga minus 90 derajat Celcius.

Snag, Kanada

Snag adalah sebuah desa di wilayah Yukon yang tercatat pernah mengalami suhu terendah hingga minus 63 derajat Celcius pada 3 Februari 1947. Selama musim dingin, tempat itu menjadi sangat dingin sehingga orang biasanya memilih untuk tinggal di dalam rumah untuk menghindari dinginnya es.

Utqiagvik, Alaska

Sebelumnya dikenal sebagai Barrow, kota paling utara di Amerika Serikat ini terletak 320 mil ke utara dari lingkaran Arktik. Ketika matahari terbenam di sini pada 18 atau 19 November, matahari tidak terbit lagi selama 65 hari.

Rata-rata, kota ini menyaksikan suhu di atas titik beku hanya selama 120 hari per tahun, sedangkan untuk sisa 160 hari dalam setahun, suhu Utqiagvik tetap masih di bawah nol derajat.

Nuraultan, Kazakstan

Saat musim dingin, suhu di ibu kota ini berkisar antara minus 30 hingga 35 derajat Celcius. Rumah bagi lebih dari 800 ribu penduduk. Meskipun bulan-bulan musim panas biasanya hangat, musim dingin di sini panjang, kering dan sangat dingin.

Vostok, Antartika

Rumah bagi sebagian kecil populasi ilmuwan, Vostok adalah salah satu daerah paling tidak ramah dan terkering di dunia di mana suhu udara bahkan bisa turun hingga minus 129 derajat Celcius. Kota ini tidak menerima sinar matahari dari Mei hingga Agustus. Namun, ketika matahari terbit di sini, Vostok menjadi tempat tercerah di planet ini dan menerima sekitar 22,9 jam sinar matahari.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "Saat Musim Dingin, Suhu Udara di 5 Kota Ini Bisa Lebih Rendah dari Titik Beku"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *