Resah Dengan WC Mampet, Atasi dengan 4 Cara Ini

Resah Dengan WC Mampet, Atasi dengan 4 Cara Ini

WC mampet termasuk salah satu permasalahan rumah tangga yang cukup umum dan juga meresahkan. Sebab, penyumbatan pada WC kerap kali akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan tentunya bakal mengganggu kenyamanan penghuni rumah.

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan WC menjadi mampet ialah terjadinya penyumbatan pada bagian saluran WC yang disebabkan oleh kebiasaan membuang berbagai jenis sampah ke dalamnya seperti tissue, tusuk gigi, sisa makanan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu menjaga kebersihan kamar mandi, khususnya WC, perlu diperhatikan agar terhindar dari maslah mampet. Namun, jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi, berikut ini beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi WC tersumbat tanpa harus menggunakan jasa penyedot WC:

1. Menggunakan air panas dan sabun cuci piring

Cara ini tergolong mudah dilakukan karena setiap bahan yang digunakan juga dapat kita temukan di mana saja khususnya di dalam rumah. Untuk caranya sendiri kamu hanya perlu menyiapkan satu cangkir sabun cuci piring dan air panas sebanyak mungkin serta handuk. Setelah itu, letakkan handuk tersebut di sekitaran WC sebagai penghalang tumpahan air WC yang keluar. Kemudian masukkan sabun cuci piring yang sudah disiapkan tadi ke dalam WC dan tunggu hingga beberapa menit sampai sabun itu mengendap. Langkah terakhir ialah siram permukaan WC tersebut dengan menggunakan air panas sebanyak mungkin.

2. Menggunakan plunger

Siapa sih yang tidak kenal dengan alat satu ini yang memang sangat identik dengan WC yaitu plunger. Alat ini merupakan alat rumah tangga terbaik untuk mengatasi WC yang mampet. Untuk cara penggunaannya, kamu cukup melatakkan plunger di permukaan toilet kemudian tekan secara berlahan sampai tertutup rapat. Setelah itu, lakukan teknik memompa sampai air dapat dapat mengalir dengan baik ke arah pembuangan.

3. Menggunakan garam

Jenis bumbu dapur ini ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi toilet yang mampet. Untuk caranya sendiri, terlebih dahulu pastikan air dalam toilet milikmu tidak terlalu penuh. Kemudian siapkan garam dapur sekitar 500 gram atau sekitar satu cangkir plus ditambah dengan satu cangkir bubuk soda kue dan tuangkan ke dalam lobang toilet. Setelah itu diamkan selama 8 jam, kemudian siram dengan menggunakan air biasa untuk mendorong sumbatan tersebut supaya masuk septic tank.

4. Menggunakan soda api

Soda api merupakan salah satu bahan kimia yang memiliki sifat basa kuat atau yang dikenal sebagai Natrium Hidroksida, yang kerap digunakan di bidang perindustrian seperti tekstil, kertas, kaca, hingga deterjen. Namun selain itu, penggunaan soda api juga dapat digunakan untuk mengatasi saluran yang sedang mampet dengan cara cukup menuangkan cairan soda api ke dalam saluran WC yang mampet kemudian tunggu beberapa menit lalu siram dengan air sebanyak mungkin.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "Resah Dengan WC Mampet, Atasi dengan 4 Cara Ini"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *