Rahasia Baking Powder dalam Rebusan Daun Singkong

Rahasia Baking Powder dalam Rebusan Daun Singkong

Singkong adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang kerab dijadikan sebagai pengganti makanan pokok. Tumbuhan yang satu ini, cukup banyak peminat dan mudah untuk di budidayakan.

Selain mudah untuk dibudidayakan, singkong memiliki cukup banyak manfaat mulai dari daunnya hingga pada bagian buahnya.

Berdasarkan dari laman dosen pertanian.com, singkong bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal selain sebagai sayuran dan makanan. Biasanya singkong sering diolah menjadi beberapa jenis olahan makanan, sedangkan dengan daunnya sering dijadikan sebagai sayuran.

Saat memasak daun singkong, sering kali yang menjadi permasalahannya yaitu daun singkong yang tak empuk. Lalu, bagaimanakah cara memasak daun singkong untuk dapat menghasilkan daun Singkong yang empuk, berikut caranya.

1. Memilih daun singkong yang masih muda. Untuk membuat daun singkong menjadi empuk setelah dimasak, hal yang perlu anda ketahui adalah memilih daun singkong yang masih muda. Daun muda ini, biasanya berada di bagian paling pucuk dari pohon singkong, memiliki bentuk yang lebih kecil, serta berwarna hijau dengan sedikit warna merah.

2. Merebus dalam air mendidih. Cara kedua ini adalah cara yang paling wajib dilakukan saat memasak daun singkong, mau hanya daun singkong yang disajikan hanya untuk direbus ataupun di gulai. Hal ini karena, air yang mendidih tersebut akan membuat daun singkong layu dan mudah lapuk.

3. Menambahkan baking powder. Sebagian orang kadang juga menambahkan baking powder dalam rebusan daun singkong, sebab baking powder ternyata dapat memperkuat pigmen hijau yang ada di dalam daun singkong. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika terlalu lama memasak daun singkong dan menyebabkan daun menjadi lebam.

4. Jangan menutupi panci saat merebus. Selain menggunakan baking powder, untuk mempertahankan warna hijau dari daun singkong. Ternyata tidak menutup panci saat melakukan perebusan daun singkong merupakan cara lainnya untuk mempertahankan warna daun tesebut.

Selain itu, Anda juga dapat merebus daun singkong menggunakan panci presto untuk mendapatkan hasil rebusan daun singkong yang empuk tanpa memerlukan waktu yang lama juga.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "Rahasia Baking Powder dalam Rebusan Daun Singkong"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *