Hindari Serangan Jantung dengan Cara Berikut

Hindari Serangan Jantung dengan Cara Berikut

Penyakit arteri koroner menggambarkan penebalan dan penyempitan berbahaya dari arteri koroner, yakni pembuluh yang membawa darah ke jantung. Selanjutnya, penyempitan tersebut mengganggu aliran oksigen dan nutrisi ke otot jantung yang dapat menyebabkan nyeri dada, gagal jantung, atau serangan jantung.

Tindakan pencegahan dini adalah perlindungan terbaik terhadap serangan jantung. Dilansir dari Express, kardiolog Dr. Seth Martin mengatakan tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan.

“Memulai sekarang lebih baik daripada tidak pernah sama sekali,” ujarnya.

Hindari rokok Martin menekankan salah satu cara paling ampuh untuk mencegah serangan jantung adalah berhenti merokok. Jika belum menjadi perokok, jantung mungkin berada dalam posisi yang jauh lebih sehat daripada yang sudah. Merokok dianggap sebagai salah satu faktor risiko utama serangan jantung. Tapi, perokok pasif bisa sama berbahaya. Jadi, penting untuk menghindarinya.

Atur pola makan Selain itu pertimbangan pola makan juga sangat penting. Dia menyarankan untuk membatasi lemak jenuh, lemak trans, garam, dan gula. Contoh makanan tinggi lemak jenuh adalah susu cokelat, kue kering, daging domba, sosis, burger, dan kebab. Contoh makanan tinggi lemak trans meliputi pizza beku, brondong jagung, atau kue. Oleh karena itu, lebih baik konsumsi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda serta makanan berserat tinggi. Lemak tak jenuh tunggal seperti kacang, alpukat, dan minyak bunga matahari. Lalu, lemak tak jenuh ganda ada pada biji bunga matahari, ikan salmon, ikan kembung, ikan hering, ikan todak, dan minyak jagung.

Tetap aktif bergerak Selain pola makan harus juga menjadi lebih aktif. Olahraga teratur dapat membantu memperkuat otot jantung dan meningkatkan sistem kardiovaskular. Luangkanlah waktu minimal 30 menit dalam satu hari untuk bergerak. Olahraga juga dapat membantu mempertahankan atau mencapai berat badan yang sehat.

“Jika kelebihan berat badan, kehilangan hanya 5 sampai 10 persen berat badan saat ini akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung,” kata Martin.

Hindari stres Ukuran kunci lain untuk membantu mencegah serangan jantung di masa depan adalah bebas stres. Cara yang tidak sehat untuk mengatasi stres adalah makan berlebihan, minum, atau terlalu banyak duduk. Sebaliknya, akan lebih sehat bagi jantung jika dapat mengurangi stres dengan cara yang lebih sehat. Misalnya, melalui latihan atau olahraga, meditasi, dan menghabiskan waktu bersama teman.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "Hindari Serangan Jantung dengan Cara Berikut"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *