Berwisata ke Gua Jepang di Penjuru Nusantara dari Yogyakarta sampai Biak

Berwisata ke Gua Jepang di Penjuru Nusantara dari Yogyakarta sampai Biak

Pendudukan Jepang 3,5 tahun di Indonesia, bisa dilihat pula dari gua-gua peninggalannya yang tersebar hampir di seluruh pelosok Nusantara. Gua Jepang tersebut dijadikan sebagai tempat persembunyian dan bunker tentara Angkatan Darat Kekaisaran Jepang ke-16 semasa Perang Dunia ke-II.

Dilansir dari petabudaya.belajar.kemdikbudbud.go.id, fungsi dari membangun gua itu selain untuk tempat persembunyian, juga dirancang untuk memenuhi keperluan strategi perang gerilya. Karena pada saat itu, Jepang sudah memperkirakan bahwa tentara sekutu akan datang melewati jalur laut Selatan dan mendarat di sekitar pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Berdasarkan dari jejak sejarahnya, berikut beberapa Gua Jepang di Indonesia yang sekarang menjadi destinasi wisata di daerah tersebut:

1. Gua Jepang di Bandung, Jawa BaratGua yang menjadi peninggalan jepang terdapat di kawasan Bandung Utara. Gua tersebut dibangun saat balatentara Jepang melakukan invasi ke Bandung pada tahun 1942-1945. Untuk pembangunan gua tersebut, Jepang menggunakan tenaga kerja paksa yang merupakan warga pribumi (Romusha) sehingga tidak sedikit korban yang berjatuhan menyerah terhadap tentara sekutu.

Selain itu, gua ini merupakan pertahanan terakhir para tentara Jepang yang ada di wilayah Bandung, saat Jepang menyerah terhadap tentara sekutu.

2. Gua Jepang di Bukittinggi, Sumatera BaratMenurut masyarakat, peninggalan Gua Jepang yang satu ini adalah tempat terseram. Di dalam gua tersebut terdapat sekitar 21 lubang dengan fungsi yang berbeda. Seperti ruang amunisi, istirahat, penjara, hingga pintu pelarian dan ada satu ruangan yang disebut dapur. Bukan berfungsi untuk memasak melainkan digunakan untuk mengeksekusi tawanan.

3. Gua Jepang di Biak, PapuaBerbeda dengan gua lain, gua yang terletak di Biak, Papua ini merupakan gua alami dan bukan merupakan gua buatan. Tempat ini kemudian menjadi tempat ziarah bagi wisatawan Jepang, karena di gua ini ditemukan ratusan tengkorak tentara Jepang yang gugur.

4. Gua Jepang di Kaliurang, YogyakartaDi Kaliurang, Yogyakarta terdapat banyak Gua Jepang yang saling berhubungan satu dan lainnya, sejumlah 25 gua. Gua Jepang ini berfungsi sebagai tempat berlindung dari serangan musuh.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "Berwisata ke Gua Jepang di Penjuru Nusantara dari Yogyakarta sampai Biak"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *