7 Tips Liburan Sehat Terhindar dari Stress

7 Tips Liburan Sehat Terhindar dari Stress

Liburan merupakan salah satu cara untuk menghilangkan penat dan stres akibat bekerja atau terlalu fokus dengan pekerjaan atau pelajaran. Sebab itu, jangan biarkan kecemasan membuat perjalanan liburan Anda jadi tidak bisa dinikmati.

Anda sudah merencanakan liburan selama berbulan-bulan sebelumnya karena ingin bersantai dan menikmati hasil kerja Anda, itu berarti menghilangkan semua kemungkinan yang akan menjadi penyebab stres, berhasil menyeselesaikan kerepotan yang tak terduga, dan memaksimalkan kebahagiaan merupakan tujuan dari liburan.

Berikut beberapa strategi yang bisa membuat perjalanan liburan Anda menjadi liburan yang sehat dan bebas stres, seperti dilansir dari laman Shape

1. Lepaskan semua harapan

Begitu banyak hal yang terjadi di luar kendali Anda, sehingga mencoba untuk merencanakan setiap menit akan membuat Anda stres. Dengan begitu, tetaplah berpikir terbuka, lepaskan ide-ide yang selalu berputar pada liburan yang telah Anda rencanakan dalam arti Anda hanya menjalani liburan Anda secara semestinya tidak mengharapkan liburan sempurna yang sudah terjadwal setiap detiknya, terkadang hal-hal yang terjadi begitu saja bisa berakhir menjadi petualangan yang hebat.

2. Meminimalkan Jet Lag

Jika Anda merencanakan liburan dengan menggunakan pesawat, Anda bisa memesan tiket penerbangan selarut mungkin, agar waktu yang Anda jalani saat lepas landas bisa dinikmati dengan tidur dan saat Anda sampai di tempat tujuan Anda tidak akan mengantuk dan kelelahan.

3. Eksplorasi daerah

Setelah tiba di tempat penginapan Anda, jalan-jalanlah sekitar 15 menit mengelilingi hotel untuk mendapat gambaran umum tentang lingkungan Anda. Mungkin Anda akan menemukan taman yang indah untuk berlari daripada ke gym dan hotel, atau kafe yang menawan untuk bersantai dan menikmati kopi Anda. Mengetahui tata letak bangunan bisa meningkatkan tingkat kenyamanan Anda. Dan, jadi mengetahui tempat mana saja yang seharusnya Anda kunjungi dalam perjalanan.

4. Sesuaikan waktu olahraga

Jika Anda biasanya melakukan aktivitas yang berkeringat jangan lewatkan jadwal latihan Anda saat perjalanan. Anda bisa ke tempat gym atau hanya sekedar lari yang bisa membuat Anda menjalani aktivitas yang biasa dilakukan.

5. Tetap merawat kulit saat perjalanan

Anda bisa membersihkan kursi Anda sebelum duduk di sana. Jika Anda suka sekali dengan perawatan wajah sebelum tidur, Anda bisa menggunakannya pada perjalanan terbang Anda dengan memakai masker atau spay yang biasa Anda lakukan. Karena itu akan membuat kulit Anda rileks setelah bangun dari tidur.

6. Ubah pola pikir

Jangan mendekati tempat baru seolah-olah Anda adalah tamu di rumah orang lain. Bersyukurlah atas budaya dan tempat baru yang mungkin tidak pernah Anda kunjungi. Ingatkan diri Anda untuk merangkul semua yang berbeda dengan tetap berpikiran terbuka, dengan begitu Anda akan menjadi lebih berpengetajuan luas, terdidik, terhubung, dan kaya secara emosional.

7. Jadwal istirahat

Pastikan untuk memasukkan jadwal istirahat ke dalam rencana perjalanan Anda. Setidaknya meluangkan waktu selama 45 menit untuk berdiam diri menatap ke luar jendela, membaca buku, atau tidur siang. Meluangkan waktu sendiri akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih bahagia, lebih santai, dan lebih spontan.

8. Renungkan pengalaman Anda

Gunakan perjalanan berlibur Anda sebagai motivasi untuk membantu Anda dalam mempertahankan rasa kegembiraan yang Anda idam-idamkan sebelumnya. Jadi, Anda bisa saja merencanakan perjalanan Anda atau melakukan perjalanan bebas tanpa jadwal. Dengan cara mana pun perjalanan meninggalkan kesan yang akan membuat Anda teringat lagi dengan liburan Anda saat Anda kembali ke rumah.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "7 Tips Liburan Sehat Terhindar dari Stress"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *