6 Cara Cepat Membedakan antara Tas Kulit Asli dan Kulit Imitasi

6 Cara Cepat Membedakan antara Tas Kulit Asli dan Kulit Imitasi

Banyak dari masyarakat menggilai fashion tas kulit asli, selain sebagai pernak pernik, tas kulit asli juga mampu menaikkan pamor seseorang. Namun, kepopuleran tas kulit beriring dengan maraknya penjualan tas kulit imitasi atau palsu di pasaran. Agar tidak terkecoh pedagang culas, langkah apa yang bisa diterapkan untuk bedakan tas kulit asli dengan imitasi?

1. Periksa Bau

Mengutip Leather Honey di situs leatherhoney.com tas kulit asli bisa dibedakan berdasarkan bau yang dihasilkan. Produk kulit asli memiliki aroma khas yang tidak bisa ditiru kulit sintetis atau imitasi. Untuk mengenali baunya, cobalah berlatih dengan beberapa produk kulit asli yang sudah Anda miliki sebelumnya.

2. Perhatikan Tekstur Pori-pori Kulit

Pastikan tekstur tas kulit tidak luput dari perhatian Anda. Cobalah periksa pori-pori kulit, apabila tampak terlalu rapi dan polanya teratur, kemungkinan tas tersebut imitasi. Tas kulit asli memiliki pola pori-pori yang tidak konsisten dan tidak teratur, sebab sifatnya yang alami, sebaliknya, kulit imitasi memiliki pola konsisten dan berulang.

3. Periksa Tepian Tas

Tas kulit asli umumnya memiliki tepian yang kasar, berbeda dengan produk imitasi atau sintetis yang biasanya terasa halus atau licin seperti plastik.

4. Coba Tekan Tas

Berdasar Looks Gud di laman looksgud.com, tas kulit asli dan imitasi bisa dibedakan dengan cara menekan permukaannya. Sama seperti kulit manusia, kulit asli bersifat elastis dan berubah warna saat direnggangkan.

Jika coba dikerutkan, tas kulit asli akan kembali seperti semula dan tidak meninggalkan pola kerutan. Saat digores pun, kulit asli akan kembali ke tekstur aslinya, beda dengan kulit imitasi yang apabila coba dikerutkan dan digores akan tetap mempertahankan sifat kaku atau tidak elastis.

5. Uji dengan Air

Produk kulit asli bersifat menyerap air, apabila tas kulit Anda terkena air atau ludah, ia akan terserap beberapa saat kemudian. Berbeda dengan tas imitasi yang bersifat tidak menyerap air.

6. Perhatikan Bentuknya

Coba letakkan tas kulit asli dan palsu, saat ditegakkan, tas kulit asli akan berdiri tegak, kokoh, dan terstruktur, dibanding tas imitasi yang apabila ditegakkan memiliki lipatan, tidak tegak dan tidak terstruktur.

Tips lain untuk mendapatkan produk tas kulit asli ialah dengan membelinya di penjual ternama yang sudah memiliki label dan kepercayaan masyarakat. Selain itu, perhatikan harganya, tas kulit asli umumya memiliki harga yang lebih mahal dibanding banyak produk tas lainnya. Apabila Anda menemukan tas dengan embel-embel kulit asli dijual dengan harga murah yang tak masuk akal, coba pikirkan kembali apabila tergiur untuk membelinya, cek dengan 6 tanda tadi.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "6 Cara Cepat Membedakan antara Tas Kulit Asli dan Kulit Imitasi"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *