5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Payudara

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling banyak dialami perempuan, kadang-kadang laki-laki. Menurut data Globocan, jumlah penderita kanker nasional sebanyak 0,13 persen dari jumlah penduduk Indonesia, yang terbanyak dialami oleh wanita dengan 11,65 persen kanker payudara.

Masalah kanker payudara juga dialami oleh banyak perempuan di dunia. Jyoti Wadhwa, kepala onkologi, leher dan toraks, Onkologi Medis dan Haemato, Cancer Institute, MedantaThe Medicity, India, mengatakan ada banyak tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risikonya.

“Sementara faktor risiko seperti jenis kelamin, gen yang salah, riwayat kanker keluarga, usia, riwayat pribadi kanker payudara atau penyakit payudara proliferatif dan etnis tidak dapat dimodifikasi dan tidak dapat diubah, tapi faktor yang dapat dimodifikasi pasti dapat dicegah dan dikendalikan,” kata Jyoti Wadhwa, seperti dikutip Indian Express, Selasa, 24 Agustus 2021.

Pola makan adalah salah satu faktor yang dapat dimodifikasi untuk mencegah penyakit ini, dengan memasukkan makanan tertentu dalam makanan sehari-hari.

Dokter kulit Geetika Mittal Gupta mengatakan bahwa sekitar 13 persen wanita mengalami kanker payudara dalam hidup mereka. “Itu sangat tinggi, jadi untuk melakukan segala kemungkinan, saya mencoba makan lima makanan yang meningkatkan kesehatan payudara. Ingat, banyak faktor yang berkontribusi terhadap kesehatan payudara, bukan hanya pola makan, tetapi mengonsumsi makanan sehat adalah sesuatu yang mudah yang bisa kita semua lakukan,” kata ahli kecantikan itu.

Inilah lima makanan yang dikonsumsi Geetika untuk menjaga kesehatan payudaranya.

1. Kale

Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.

2. Beri

Buah beri (blueberry, blackberry, stroberi, dll) kaya akan antioksidan, yang telah terbukti melindungi terhadap perkembangan dan penyebaran sel kanker.

3. Salmon

Ikan berlemak, seperti salmon, kaya akan lemak omega-3, selenium, dan antioksidan yang dapat melindungi dari kanker.

4. Brokoli

Sayuran cruciferous yang berbonggol, termasuk brokoli, mengandung senyawa glukosinolat, yang memiliki kemampuan antikanker yang tinggi.

5. Kacang dan lentil

Kedua makanan ini penuh serat, yang dapat melindungi dari kanker payudara.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Payudara"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *