5 Destinasi Wisata Ramah Muslim, Tawarkan Heritage Hingga Pantai Pasir Putih

5 Destinasi Wisata Ramah Muslim, Tawarkan Heritage Hingga Pantai Pasir Putih

Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim di dunia, sehingga tak heran Indonesia punya banyak destinasi wisata ramah muslim. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2019 lalu mencatat bahwa sekitar 20 persen dari 14,92 juta turis asing yang datang ke Indonesia merupakan wisatawan muslim.

Berdasar laman resmi Kemenparekraf, lembaga riset dan sertifikasi halal, CrescentRating menyebutkan ada lima destinasi moslem friendly tourism Indonesia yang tercatat dalam Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019, berikut rinciannya.

Aceh pernah mendapat penghargaan World’s Best Airport for Halal Traveller Sultan Iskandar Muda International Airport dan penghargaan World’s Best Halal Cultural Destination dalam ajang World Halal Tourism Award 2016.

Selain itu, Aceh yang mendapat julukan serambi mekah dan menerapkan hukum islam ini memiliki beberapa destinasi wisata unggulan, antara lain Pulau Weh, Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman, hingga pantai cantik nan mempesona.

Daerah dengan mayoritas penduduk muslim ini pernah mendapat tiga penghargaan World Halal Tourism Award 2016 sekaligus, yakni World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Tour Operator, dan World’s Best Halal Culinary Destination.

Penghargaan ini didapat karena keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam mengoptimalkan potensi wisata ranah muslim dengan membangun rumah ibadah di seluruh destinasi wisata. Serta adanya penambahan beberapa tempat kuliner yang telah tersertifikasi halal.

Ibu kota Indonesia ini pernah meraih World’s Best Hajj and Umrah Operator dalam World Halal Tourism Award 2016. Fasilitas hotel halal di Jakarta juga sudah termasuk sangat lengkap, dengan rincian 510 hotel halal dan 5 hotel tipe syariah. Jakarta juga memiliki 7.795 masjid, 20 situs heritage islam, dan 19 muslim friendly attraction.

Lombok sudah sejak lama dikenal sebagai lokasi destinasi wisata lokal dan mancanegara, ia juga jadi salah satu lokasi yang ramah wisatawan muslim. Lombok bahkan sudah menyabet beberapa kategori penghargaan World Halal Tourism Award 2016, sebab lengkapnya fasilitas penunjang wisata halal di Lombok, berupa 8.456 masjid dan 60 hotel halal. Selain itu, Lombok juga memiliki 25 situs heritage islam, 98 dari 161 moslem friendly attraction, 7 islamic event, dan 11 paket tur wisata halal.

Kepulauan Riau jadi salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia karena didukung keberadaan dua bandara international, 84 rute bis, dan area jalan sepanjang 1.374.004 km. Kepulauan Riau juga dilengkapi berbagai destinasi wisata moslem friendly tourism, salah satunya Masjid Sultan Kepulauan Riau di Pulau Penyengat.

Indah ZakiaIringilah hidup dan usahamu dengan ujud doa yang tulus. Mintalah semua keinginanmu kepada Sang Khalik seakan esok kamu akan mendapatkannya.

Posting Komentar untuk "5 Destinasi Wisata Ramah Muslim, Tawarkan Heritage Hingga Pantai Pasir Putih"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *